PROFIL PERUSAHAAN ZALORA

Nama : Patrick Izaac S L
Kelas : 4IA22
Bekasi
(patrickizaac@gmail.com)
Fakultas "Teknologi Industri"
Jurusan "Teknik Informatika"
ABSTRAK
ZALORA, adalah sebuah toko online yang baru-baru ini ikut meramaikan pasar E-commerce di Indonesia. ZALORA adalah partner dari toko barang elektronik Lazada.co.id. ).
Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari toko online
terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang
memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia,
Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina. Zalora
dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan berhasil.
Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua
orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora
dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online,
seperti melalui Google, Facebook, Twitter, hingga kini merambah ke media
eleltronik.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru
yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan
kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang
dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di
dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek
kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis
merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi
informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.
Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan
mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan
konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang
menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi
bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce.
Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan
peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh
karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.
PEMBAHASAN
Sejarah Zalora
ZALORA adalah toko online fashion dan
kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk
kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat
di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia
dan Brunei. ZALORA menjual produk fashion dari brand international dan juga
brand local di setiap Negara yang beroperasi. ZALORA juga beroperasi di
Australia dan New Zealand sebagai The Iconic. Zalora adalah salah satu investasi
utama Rocket Internet di Singapura.
Pada Awal
tahun 2012, ZALORA meluncurkan berbagai situs local di seluruh Hong Kong,
Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Pada awal tahun 2013, ZALORA
memperbesar layanannya di ZALORA Malaysia dengan menawarkan layanan pengiriman
ke Brunei.Pada pertengahan tahun 2013, ZALORA mendapatkan putaran dana pertama
kali, sebesar US$100 Juta. Pada akhir tahun 2013, ZALORA meluncurkan private
label sendiri, Ezra dari ZALORA. Hal ini juga mengumumkan bahwa mereka telah
sepakat menjadi online distributor tunggal untuk brand fashion River Island
yang berbasis di Inggris untuk Asia Tenggara. ZALORA juga mengumumkan
bahwa mereka telah berhasil mendapatkan putaran dana keduanya, total sebesar
US$112 Juta. Dana ini dilokasikan untuk mendorong kegiatan ZALORA dalam
mengembangkan penawaran produk dan basis pesar. Pada awal tahun 2014, ZALORA
mengumumkan rencana untuk mendirikan sebuah Marketplace.
ZALORA Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian
yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional.
Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo,
merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura,
Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora
Filipina.
ZALORA
Indonesia merupakan
bagian dari ZALORA Group, yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket
Internet GmbH, yang mencakup Grup retail fashion online terkemuka di Asia
Pasifik The Iconic di Australia dan Selandia Baru.Rocket
Internet GmBH adalah inkubator startup online terbesar di dunia,
beberapa usaha lainnya yang hadir di Indonesia meliputi Wimdu,Foodpanda, PricePanda, Lamudi, dan Carmudi. Zalora merupakan
anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek
dari Rocket Internet. Di
Indonesia Zalora berada di bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices
Indonesia.
CEO Zalora Indonesia
ZALORA Indonesia telah mengumumkan Anthony Fung
sebagai CEO untuk memimpin pasar ZALORA di Indonesia efektif sejak hari ini.
Sebelumnya, Anthony menjabat sebagai Managing Director untuk ZALORA Indonesia.
Tercatat mulai dari September 2015, Anthony akan bertanggung jawab penuh untuk
mengawasi dan mengatur operasi ZALORA Indonesia di semua lini dari
buyingmerchandising, operations-warehouse sampai dengan strategi marketing di
seluruh Indonesia. “ZALORA adalah pemimpin pasar untuk fashion e-commerce in
Indonesia.
Sistem Penjualan Zalora
Sistem penjualan pada Zalora
merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu.
Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari
pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti
pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora
menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun
internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah :
1. Menawarkan sistem layanan antar
gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera dan Kalimantan
dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000 . Sedangkan
wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim
apabila pembelian dibawah Rp 300.000.
2. Sistem COD di berbagai kota besar di
Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD menggunakan
debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3. 30 hari garansi uang kembali *berlaku
ketentuan
Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja via telepon dengan nomor : 021-29490100
– Senin s.d Jumat : 09.00 – 21.00 WIB
– Sabtu : 09.00 – 13.00 WIB email : help@zalora.co.id
Waktu Pengiriman
WAKTU
PEMESANAN
|
PENGIRIMAN
|
ESTIMASI
PENERIMAAN ORDER
|
Senin
– Jumat, Sebelum 18.00
|
Estimasi
pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dari
pemesanan).
|
Order
Anda akan sampai diantara Senin – Sabtu.
|
Senin
– Jumat, Setelah 18.00
|
Estimasi
pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung
dihari kerja berikutnya).
|
|
Sabtu
dan Minggu
|
Estimasi
pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung
dihari kerja berikutnya).
|
LANGKAH-LANGKAH MEMBELI PRODUK ZALORA
Berikut adalah langkah-langkahnya :• Masuk ke http://www.zalora.co.id.
• Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan.
• Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja.
• Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.
• Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
• Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
o Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman.
Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda.
o Kolom Kedua: Metode Pembayaran.
Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit).
o Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan.
Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
• Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari kami.
Strategi Pasar
Tech in
Asia berkesempatan berbicara dengan
Managing Director Zalora Tito Costa. Kami membahas banyak hal tentang Zalora,
mulai dari langkah awal, tantangan, dan rencana mendatang. Inilah lima poin
utama dari perbincangan kami :
1.
Terus mengakomodir beragam keinginan konsumen
Zalora memulai usaha mereka sebagai
toko online yang menampilkan katalog barang dagangan dari beragam brand terkenal.
Namun sejak 2013, mereka mulai mengembangkan brand dengan nama
sendiri, awalnya bernama Ezra. Lalu di tahun 2014, label Zalora mulai
diluncurkan. Dengan menguasai seluruh mata rantai usaha, Zalora dapat beradaptasi
dengan cepat pada tren yang ada dan pilihan di setiap musimnya.
Di pertengahan 2014 yang bertepatan
dengan bulan Ramadan, Zalora mengenalkan lini baru pakaian Muslim dan busana
yang lebih tertutup. Lalu untuk merangkul para etnis China di Singapura,
Malaysia, dan Vietnam, mereka merilis koleksi Tahun Baru China.
Masih di 2014, Zalora
meluncurkan marketplace di dalam sistemnya. Tito menjelaskan
bahwa, “Ini bukan marketplace C2C, melainkan butik dengan
koleksi dari para desainer lokal. Kini marketplace milik Zalora telah memiliki
sekitar 2.000 penjual dan 100.000 produk berbeda.”
Tito melihat adanya ‘permintaan
lebih’ dari para butik di dalamnya, yang besar kemungkinan juga memasarkan
produk mereka melalui Instagram dan Facebook. Melalui marketplace ini,
Zalora mengharapkan dapat mengakomodir cara berjualan profesional dengan
platform yang telah matang dan menyediakan solusi keamanan pembayaran dan
infrastruktur keseluruhan. Menurut Tito, marketplace ini belum
sepenuhnya mewakili porsi besar dari bisnis Zalora, namun mereka berniat untuk
melanjutkan cara ini.
Sistem Pembayaran Zalora
ZALORA menyediakan beberapa opsi pembayaran
demi kenyamanan pengalaman berbelanja Anda. Cek lebih lanjut opsi
pembayaran yang dapat Anda pilih:
- Cash on Delivery (COD) / Bayar di Tempat
Maksimal total order menggunakan pembayaran COD adalah Rp 2.000.000Berlaku untuk pemesanan melalui aplikasi, website, dan mobile webPembayaran diberikan kepada kurir saat menerima barangTidak berlaku bagi pengambilan di Indomaret dan produk PomeloCek jangkauan area COD PENTING: Tidak diperkenankan untuk mencoba produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran - Bank Transfer (Konfirmasi Manual) adalah tipe pembayaran yang akan diverifikasi secara manual oleh tim kami dalam kurun waktu 1 x 24 jam. Jika setelah 1 x 24 jam pembayaran tidak diterima, maka ZALORA berhak melakukan pembatalan terhadap order tersebutPENTING: Lakukan konfirmasi pembayaran untuk menghindari pembatalan otomatis oleh sistem dan mempercepat proses pesanan Anda Lakukan pembayaran dengan transfer ke salah satu rekening ZALORA, sebagai berikut: BCA ,MANDIRI , BRI,BTN
- Bank Transfer (Konfirmasi Otomatis)
Bank Transfer (Konfirmasi Otomatis) atau Virtual Account (VA) adalah transfer bank dengan menggunakan nomor rekening virtual unik yang akan selalu berubah setiap melakukan pemesanan - Keuntungan menggunakan VA:
Mudah & praktis - konfirmasi pembayaran dilakukan secara otomatis oleh sistem sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan konfirmasi manual Order diproses lebih cepat - dengan menggunakan VA secara tidak langsung Anda mempercepat proses order AndaPastikan Anda melakukan pembayaran dalam 1x24 jam untuk menghindari pembatalan secara otomatis oleh sistem ZALORA.Cek langkah-langkah menggunakan Bank Transfer (Konfirmasi Otomatis) Kartu Kredit
- Anda dapat menggunakan kartu kredit dengan memasukkan detil kartu kredit Anda di halaman Checkout yaitu:16 digit nomor kartuTanggal expired kartuNomor CVV: 3 nomor rahasia yang ada di belakang kartuOrder yang dilakukan dengan menggunakan nama yang berbeda dengan
nama pemegang kartu kredit akan dibatalkan oleh tim kami sebagai
pencegahan indikasi fraud. Bila Anda menggunakan kartu kredit keluarga
atau kerabat dekat, harap laporkan ke tim Customer Service kami agar
dapat kami proses.Wallet / Store Credit
Masuk ke akun Anda dan klik 'Akun' Klik 'Wallet' Cek jumlah saldo Wallet di bagian 'Store Credit Anda Bila saldo mencukupi, klik 'Lanjut Berbelanja' - Wallet adalah metode penyimpanan uang / dompet elektronik di akun ZALORA Anda. Dana yang disimpan di dalam wallet dapat berasal dari pengembalian dana, kode voucher, atau gift card.
-
Ketentuan wallet
Bila melakukan pembayaran melalui wallet, dana di wallet akan otomatis dikurangi dengan total pembayaran Anda Masa kadaluarsa wallet adalah 3 tahun sejak pencairan dana. Bila tidak digunakan, dana yang tersimpan di wallet akan otomatis terhapus saat melewati masa kadaluarsaCek langkah-langkah menggunakan wallet sebagai berikut:
- Masuk ke akun anda dan klik 'akun'
- klik wallet
- cek jumlah saldo wallet dibagian 'store credit anda'
- bila saldo mencukupi klik 'lanjut berbelanja'
Zalora Dilengkapi Teknologi Canggih
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id